Perawatan Kulit Wajah & Badan Buatan Sendiri


Saya mulai menggunakan kosmetik sejak saya SMP,waktu itu muka saya kusam. Oleh mama, saya dibelikan krim h*zelin tapi bukan c*tra h*zelin yang sekarang loh. Saya ingat gambarnya itu gunung fuji. Bedaknya pake M*rcks.Produk itu terus saya pakai sampai kuliah dan ketika brand h*zelin gabung dengan c*tra barulah kulit saya bereaksi ga cocok.Sejak saat itu lah saya terus bergonta ganti produk kosmetik, dari P*nds,Ol*y,G*rnier,L*real,V*nus M*rcks,M*stika R*tu,S*riayu,hhhh…u name it..banyak banget,tapi kulit saya berasa ga oke aja gitu mana setelah tinggal di serang jerawat seringg bgt muncul pas period.trus karena gemes ama tu jerawat, saya pake krim d*kter yang menurut saya mahal karena hampir ½ juta harga paketnya,sedangkan saya belum bekerja,rasanya ga enak sekali sama mama yang ngebeliin. Sekalinya udah kerja saya pengen coba ke e*ha clinic,udah datang,konsul,tinggal nebus produk kok saya ngeri ya liat ibu-ibu yang ngantri di clinic itu mukanya merah sekali,ada juga yang mukanya kinclonng sekali.haha..saya ciut..trus saya pulang ga jadi nebus produknya.temen ada yang nawarin krim bl*ssom n mukanya putihhh banget nget tapi saya takut juga.(belakangan saya tahu klo krim itu dinyatakan dangerous cream oleh BPOM)

Waktu saya hamil & googling sana sini saya jadi parno tentang whitening & acne produk yang berbahaya bagi janin,akhirnya saya stop smua kecuali bedak M*rcks ama v*seline petroleum utk lipbalm.waduh..kucelll bgt penampilan saya waktu itu,mana hamil saya adalah hamil yang bikin kulit item. Orang – orang pada nebak calon bayi saya laki-laki saking jeleknya saya.hahaha..

Setelah melahirkan & kerja di tempat yang para pegawainya cukup mementingkan penampilan,saya mau juga pake krim yang mama beli ditempat kerjanya.katanya sih racikan dokter dari bogor,saya googling namanya a**isa.waktu itu,mama dan 2 adik saya sudah pake treatment dari klinik a*ira di serang.jadi ga ada yang mau pake selain saya.3 hari saya pake,muka saya kayak terkelupas gitu.jelek deh.saya ampe malu pergi kerja.tapi saya terusin aja ampe krimnya habis.hasilnya emang kulit kinclong putih & kasar-kasar dimuka saya hilang tapi kok menurut saya ga alami…duh,kena krim gajebo nih.

Searching di female daily,emang bahaya banget pake krim instan whitening gitu.walopun krim dari klinik-klinik kecantikan yang terkenal pun bisa bikin kulit ketergantungan.
Saya pun mantengin trus forum di female daily karena memberikan info yang oke banget & karena anggotanya orang-orang yang pernah pake semua brand kosmetik.Saya tergiur dengan review h*dalabo & S*inaqua. Apalagi skincare itu katanya cukup alami. Trus blogwalking juga emang banyak yang pake. Intinya saya mau yang alami..terakhir sampailah saya di blog seorang ibu rumah tangga di malang yang membuat semua produk kosmetiknya sendiri. Dalam beberapa artikelnya juga disebutkan bahwa klaim alami pada produk kecantikan tetaplah ada bahan-bahan kimianya sperti sodium laureth sulfate(deterjen),methyl paraben,dll..trus saya tergiur dengan klaimnya yang homemade coba order produknya & pake sabun soap nut alias sabun lerak/klerak untuk rambut,muka & badan..eh,enak loh..rambut jadi ga gampang lepek tapi juga sehat gitu rasanya.ga terlalu kering kayak pake shampoo komersial.dan mulailah saya mencintai perawatan produk alami seperti yang saya tulis dibawah ini. Walaupun belum semua saya coba (dapet info ini dari female daily juga) tapi kayaknya lebih tenang deh kan buat kesehatan kita juga.

Berikut perawatan kulit wajah & badan buatan sendiri,nanti kalo ada lagi saya update deh.
1. Scrub badan :
• bubuk kopi + minyak(zaitun/kelapa),campur,gosok ke badan sampai berjatuhan scrubnya
• gula + EVOO
• garam + EVOO

2. Whitening ketiak :
• Tomat : gosok ke ketiak diamkan 15 menit, bilas
• Lemon + gula : potong lemon,bubuhkan gula, gosok ke ketiak diamkan 15 menit, bilas

3. Olesan untuk daerah habis dicukur : Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

4. Jerawat
• Bawang putih

5. Toner muka
• Air cucian beras : usap dimuka,biarkan 15 menit,bilas
• Air teh basi : usap dimuka,biarkan 15 menit,bilas
• Air mawar : Membuat air mawar : cuci 2-3 tangkai mawar,masukkan dalam mangkuk tahan panas,beri air sampai mawar terendam..rebus air dalam panci,kecilkan api.masukkan mangkuk biarkan 20 menit.

6. Rambut berminyak : oleskan lidah buaya + jeruk nipis sebelum keramas

7. Masker muka :
• putih telur +maizena
• putih telur + jeruk lemon/nipis
• yogurt plain
• asem jawa + air panas + madu (mencerahkan)
• parutan apel + madu (for acne skin)
• oatmeal + madu + air/susu

8. Scrub bibir : madu + gula,campur oles dibibir biarkan 5 menit lalu usap perlahan

9. Whitening lutut/siku : jeruk nipis,digosok2 biarkan 30 menit,bilas

10. Rambut tebal,sehat,hitam :
• Minyak kemiri : oleskan dikepala.diamkan minimal 1 jam,pijat2,keramas.
• Minyak jarak : oleskan dikepala.diamkan minimal 1 jam,pijat2, keramas.
• EVOO : oleskan dikepala.diamkan minimal 1 jam,pijat2, keramas.

11. Whitening bekas jerawat : bubuk kayu manis + oat, campur dengan air, oles

12. Kondisioner Rambut :
• santan + jeruk nipis
• Cuka Apel

Komentar

  1. Artikel yang bagus,saya juga sdh sekitar 3 bulan tidak pakai shampoo hanya pakai lerak dan cuka apel.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Menggunakan Oil Cleansing Method

Selamat datanggg..!! Mengantar anakku ke dunia..

Amanah lagi..putri ketiga